Rabu, 21 September 2011

Komputer Grafik

Grafika komputer adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data.
Bagian dari grafika komputer meliputi:
  • Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
  • Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  • Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
  • Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Adapun kerangka dari Grafik Komputer Interaktif dapat kita lihat seperti gambar dibawah ini :

apa-apa saja yang perlu kita tahu dalam komputer grafik.
1.1. KANVAS : MENGGAMBAR ATAU MELUKIS?
Untuk bekerja dalam lingkungan grafis yang pertama kali perlu diketahui adalah sebagai berikut :
1. Perangkat (tool) apa yang diperlukan untuk pemrograman grafik
2. Perangkat apa yang telah disediakan oleh DELPHI mapun Windows

Analogi dengan menggambarkan kertas(kanvas) tersebut.
3 Elemen dasar pada pemrograman grafik,yaitu :
- Kanvas(TCanvas)
- Pensil(TPen) : merupakan obyek properties
- Kuas(TBrush). Merupakan obyek properties

Setiap grafik memerlukan kanvas. Dengan Pen dan Brush, kanvas tersebut diisi gambar.

  • Pen :
- untuk corat-coret membuat garis.
- digunakan untuk mengatur gaya,warna dan ketebalan garis
  • Brush :
- untuk menyapu kanvas dengan warna tertentu.
- digunakan untuk mengatur warna dan gaya sapuan pada kanvas.

Obyek Kanvas menyediakan alat bantu gambar yang cukup lengkap, antara lain :
- membuat garis lurus
- membuat busur
- membuat bentuk-bentuk geometris seperti : segiempat, elips, dan poligon

Untuk membuat corat-coret pada kanvas, DELPHI menggunakan 2 istilah yang perlu dicermati, yaitu :
- Menggambar
- Melukis

Menggambar(drawing) :
membuat sebuah elemen grafik seperti garis bentuk lainnya, menggunakan baris-baris perintah. Perintah tersebut untuk mengatur antara lain posisi,warna, dan warna lain-lain. Contoh fasilitas penggambaran grafik yang disediakan antara lain : LineTo(), Rectangle(), Ellipse(), dan lain-lain.

Melukis (painting) :
Membuat tampilan menyeluruh sebuah obyek. Melukis biasanya melibatkan proses menggambar. Contohnya adalah komponen kotak edit(TEdit), yang menampilkan dirinya dengan menggambar (menuliskan) teks didalamnya.
Contoh lainnya :
- menampilkan gambar pada komponen citra(TImage).
Contoh fasilitas melukis antara lain Draw(), StrechDraw(), BrushCopy() dan lain-lainnya.
Adapun mengenai Delphi, Delphi dapat diprogram untuk memvisualisasikan berbagai bentuk bangun seperti segitiga, lingkaran, elips, poligon, serta bentuk tiga dimensi lainnya. Untuk membuatnya, maka perlu diketahui beberapa hal dasar seperti berikut :
1. koordinat
2. kanvas, dan
3. pixel
silahkan download bahan perkuliahan saya dibawah ini :
Atau untuk teman-teman yang ingin langsung coba-coba di Delphi, bisa download modul praktikum kami dibawah ini :

sumber : http://blog.unand.ac.id/belajarnulis/komputer-grafik/

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More